PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI SD NEGERI 14/III PUNAI MERINDU KABUPATEN KERINCI

Viara, Etika Putri and Syafni, Gustina Sari (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI SD NEGERI 14/III PUNAI MERINDU KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V dan daftar pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
SKRIPSI VIARA ETIKA PUTRI (2010013411034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 14/III Punai Merindu Kabupaten Kerinci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 14/III Punai Merindu Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar tes akhir siklus. Berdasarkan observasi guru diperoleh bahwa persentase guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu 77,08% dan meningkat pada siklus II menjadi 92,36%, sedangkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh persentase kemampuan pemahaman konsep matematis pada siklus I yaitu 53,33% (8 orang siswa) dan pada siklus II menjadi 73,33% (11 orang siswa). Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 14/III Punai Merindu Kabupaten Kerinci. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:15
Last Modified: 22 Mar 2024 02:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19509

Actions (login required)

View Item View Item