PERANCANGAN ALAT MONITORING PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK SATU FASA PADA BEBAN RUMAH TANGGA BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS)

M.Ghian, Perdana and Arzul, Arzul (2024) PERANCANGAN ALAT MONITORING PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK SATU FASA PADA BEBAN RUMAH TANGGA BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,hal pengesahan,persetuuan,abstrak,daftar isi dan bab pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I pendahuluan .pdf

Download (86kB)
[img] Text
Bab V kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi M. Ghian Perdana (22-073) Ok-14-63.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan adanya kebutuhan pemakaian listrik, konsumen perlu mengetahui terlebih dahulu jumlah pemakaian energi listrik yang dibutuhkan dalam setiap harinya. Banyaknya pemborosan pemakaian beban listrik dapat menimbulkan biaya tagihan listrik yang tinggi. Untuk mengetahui jumlah pemakaian listrik tersebut dengan cara mengukur energi listrik tersebut menggunakan alat monitoring pemakaian energi listrik. Perancangan alat monitoring sebagai Pengontrolan Pemakaian Energi Listrik pada Beban Rumah Tangga berbasis IoT adalah sebuah sistem yang dirancang dan dimanfaatkan untuk membaca jumlah pemakaian energi listrik yang meliputi tegangan, arus, daya dan energi. Alat pengontrolan ini dikoneksikan pada Smartphone Android yang digunakan sebagai media interface user yang menampilkan konsumsi energi listrik. Alat pengontrolan pemakaian energi listrik satu fasa merupakan alat yang didesain untuk memonitoring besaran listrik yang dilengkapi dengan pembacaan besaran listrik dan sistem informasi kepada pengguna energi listrik. Monalisa sendiri terfokus untuk memonitoring besaran listrik 1 fasa yang meliputi tegangan, arus listrik, frekuensi listrik, faktor daya, dan daya aktif. Kata kunci: Energi, Monitoring, Sensor, Smartphone

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:05
Last Modified: 22 Mar 2024 01:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19589

Actions (login required)

View Item View Item