Perlindungan Hukum Terhadap Wartawan yang Bertugas di Wilayah Konflik Menurut Hukum Humaniter Internasional (Studi Kasus Pelanggaran Atas Wartawan dalam Konflik di Afghanistan)

Laxlaahy Indonesia, Putra Lubis and Dwi Astuti, Palupi (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Wartawan yang Bertugas di Wilayah Konflik Menurut Hukum Humaniter Internasional (Studi Kasus Pelanggaran Atas Wartawan dalam Konflik di Afghanistan). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Skripsi Laxlaahy Indonesia Putra Lubis.pdf

Download (373kB)
[img] Text
File 2 Skripsi Laxlaahy Indonesia Putra Lubis.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)

Abstract

Wartawan merupakan seseorang yang bertugas untuk melayani kepentingan publik dalam mengumpulkan, memproses dan menyebarluaskan informasi yang akurat dan seimbang. Wartawan yang bertugas diwilayah konflik sering mengalami penyerangan hingga mengakibatkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perlindungan Hukum Terhadap Wartawan yang Bertugas di Wilayah Konflik Menurut Hukum Humaniter Internasional. Rumusan Masalah : (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap wartawan yang bertugas di wilayah konflik berdasarkan Hukum Humaniter Internasional? (2) Apa bentuk pelanggaran terhadap wartawan yang bertugas di wilayah konflik Afganistan berdasarkan klasifikasi Hukum Humaniter?. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, dengan melakukan analisis bahan-bahan hukum yang telah diperoleh dan dilakukan dengan teknik evaluasi. Hasil yang didapat berdasarkan penelitian ini adalah bentuk pelanggaran terhadap wartawan dibagi menjadi 2 (dua) resiko yaitu serangan terhadap wartawan secara perorangan dan serangan yang berkaitan dengan pekerjaan wartawan, sementara untuk perlindungan terhadap pembunuhan, penyiksaan, hukuman fisik, mutilasi, pelecehan, perbuatan yang merendahkan martabat, penyanderaan dan hukuman kolektif terhadap wartawan yang bertugas dalam konflik internasional diatur dalam beberapa perjanjian dan konvensi internasional seperti Konvensi Den Haag 1907, Konvensi Jenewa 1949 dan Additional Protocol I Konvensi Jenewa 1977.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:47
Last Modified: 22 Mar 2024 01:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item