PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 22 MATA AIR BARAT

Diana, Putri and Dr. Wirnita Eska, M.M., Dr. Wirnita Eska, M.M. (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 22 MATA AIR BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (815kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPRE DIANA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara siswa yang masih tergolong rendah. Terlihat waktu pengucapan lafal dan intonasi siswa yang masih kurang jelas, siswa merasa malu dan takut untuk berbicara di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN 22 Mata Air Barat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Arikunto, dkk (2017:1). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 28 orang peserta didik yaitu 14 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar keterampilan berbicara peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% meningkat pada siklus II yaitu 87,5%. Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,75% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 93,75%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar keterampilan berbicara siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I presentasenya 78,57% dengan rata-rata hasil belajar 73,14, meningkat menjadi 89,28% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa 86,85. Hal ini menunjukan melalui model Problem Based Learning (PBL) terjadi peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 22 Mata Air Barat. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:22
Last Modified: 22 Mar 2024 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19618

Actions (login required)

View Item View Item