MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SDN 68/III SIULAK DERAS MUDIK

Meitasya Nabela, Fatonah and Zulfa, Amrina (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SDN 68/III SIULAK DERAS MUDIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-cover.pdf

Download (198kB)
[img] Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Bab Pendahuluan.pdf

Download (447kB)
[img] Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Bab Penutup.pdf

Download (427kB)
[img] Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI MEITASYA DONE- full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN 68/III Siulak Deras Mudik, jumlah siswa yaitu 22 orang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran matematika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di SDN 68/III Siulak Deras Mudik dan meningkatkan hasil belajar (aspek kognitif) matematika siswa kelas V pada pembelajaran menggunakan model PjBL di SDN 68/III Siulak Deras Mudik. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan tabel indikator berpikir kreatif siswa, bahwa pembelajaran matematika melalui penggunaan model PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Persentase aktivitas guru pada siklus rata-rata skor 75,9 % meningkat pada siklus II menjadi 85,2%. Pada siklus I memiliki rata-rata persentase nilai 42,5% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 73,3%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 64,5% kemudian meningkat pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar 79,8%. Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V melalui model PjBL. Oleh sebab itu disarankan agar guru dapat menggunakan model PjBL dalam mengajar pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:27
Last Modified: 22 Mar 2024 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19625

Actions (login required)

View Item View Item