PERHITUNGAN VOLUME DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) (Studi Kasus : Pembangunan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Muaro Jambi)

Ramadhini, Intan Fahira and Ayu, Embun Sari (2024) PERHITUNGAN VOLUME DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) (Studi Kasus : Pembangunan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Muaro Jambi). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN_Intan Fahira.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA_Intan Fahira.pdf

Download (755kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS_Intan Fahira-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105MB)

Abstract

Pertumbuhan pesat dalam industri konstruksi menuntut peningkatan efisiensi dan akurasi dalam perencanaan anggaran biaya. Metode manual yang telah lama digunakan cenderung memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan manusia terutama dalam proyek yang kompleks. Building Information Modeling (BIM) muncul sebagai inovasi teknologi yang menjanjikan integrasi data proyek secara menyeluruh untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam proses perencanaan konstruksi. Kemampuan BIM untuk menyediakan representasi digital yang terintegrasi dari seluruh proyek konstruksi dapat memberikan keuntungan dalam pemodelan dan estimasi biaya, seperti visualisasi 3D yang lebih baik, pemodelan informasi yang terkait, dan pembaruan otomatis saat terjadi perubahan desain. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perhitungan rencana anggaran biaya dengan metode manual dan metode Building Information Modeling (BIM) menggunakan alat bantu software Autodesk Revit. Dengan memahami kelebihan dan kelemahan masing-masing metode, diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang efesiensi BIM sebagai alat perencanaan anggaran biaya dalam konteks industri konstruksi modern. Perhitungan dilakukan dengan memodelkan data gambar DED menjadi 3D dengan menggunakan software Autodesk Revit. Model 3D tersebut dapat menghasilkan jumlah volume semua item pekerjaan. Setelah itu, data volume tersebut dikalikan dengan harga satuan. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan volume dan rencana anggaran biaya metode manual dengan metode BIM. Hasil penelitian didapatkan rekapitulasi rencana anggaran biaya dengan metode BIM lebih efisien sebesar 1.47% dari metode manual. Untuk itu, penelitian ini dapat dijadikan sebagai media pemahaman untuk mengambil solusi yang tepat dalam perencanaan anggaran biaya. Kata Kunci: Volume, Rencana anggaran biaya, Building Information Modeling Kata Kunci: (BIM), Autodesk Revit, Efisiensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:49
Last Modified: 22 Mar 2024 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19702

Actions (login required)

View Item View Item