PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI DI KELAS II-A SDN 13 SURAU GADANG KOTA PADANG

REGIA, HARI LITA (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI DI KELAS II-A SDN 13 SURAU GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
1. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. SARAN DAN KESIMPULAN .pdf

Download (110kB)
[img] Text
SKRIPSI REGIA HARI LITA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II-A SDN 13 Surau Gadang Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II-A pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning dengan media animasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari kali pertemuan subjek penelitin adalah siswa kelas II-A SDN 13 Surau Gadang Kota Padang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, tes hasil belajar siswa, dan lembar afektif (kerja sama) siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II adalah 93,3%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40% dengan nilai rata-rata 62,96 meningkat pada siklus II menjadi 76% dengan nilai rata-rata 75,36. Disamping itu siswa yang tuntas pada siklus I ada 10 siswa. Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 19 siswa. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan media animasi telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II-A SDN 13 Surau Gadang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:41
Last Modified: 22 Mar 2024 07:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item