PENGARUH PRODUK DOMESTIC REGIONAL BRUTO, UPAH RATA-RATA SEKTOR PERTANIAN DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI INDONESIA

muhammad, farhan and irwan, muslim (2024) PENGARUH PRODUK DOMESTIC REGIONAL BRUTO, UPAH RATA-RATA SEKTOR PERTANIAN DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI INDONESIA. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRISPI.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara berkembang diarahkan untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya. Pembangunan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas kesempatan kerja dan pemerataan pendapatan di setiap daerah. Salah satu indikator untuk menilai keberhasilan dari pembangunan ekonomi suatu negara adalah dilihat dari kesempatan kerja yang diciptakan dari pembangunan ekonomi. Kesimpulan Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris mengenai pengaruh produk domestic regional bruto, upah rata-rata sektor pertanian dan penanaman modal dalam negeri terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 34 provinsi dari tahun 2011-2022, Variabel Produk domestic regional bruto sektor pertanian mempunyai hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian. Kemudian untuk Upah rata-rata sektor pertanian mempunyai hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja Penanaman modal dalam negeri mempunyai hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian. Kata Kunci : PDRB, Upah Rata Rata, Penyerapan Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: EP FEB
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:56
Last Modified: 22 Mar 2024 07:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19712

Actions (login required)

View Item View Item