ANALISIS EFESIENSI TEKNIS, ALOKATIF, DAN EKONOMI PADA USAHA PERIKANAN TANGKAP GILLNET DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN, SUMATERA BARAT

EMILIA DRIANI, EMILIA DRIANI and Abdullah, Munzir and Suparno, Suparno (2024) ANALISIS EFESIENSI TEKNIS, ALOKATIF, DAN EKONOMI PADA USAHA PERIKANAN TANGKAP GILLNET DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN, SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Emilia Driani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Efisiensi adalah faktor yang sangat diperlukan dalam mengembangkan usaha perikanan tangkap. Efisiensi menjadi tolak ukur pelaku usaha dalam menilai pengaruh penggunaan sejumlah input terhadap hasil tangkapan ikan dalam tingkat teknologi tertentu. Determinasi tingkat efisiensi teknis, elokatif dan ekonomi sangat dibutuhkan dalam examinasi kinerja sebuah usaha perikanan. Penelitian ini dilakukan pada bulanSeptember hingga Oktober 2023 dengan melakukan observasi terhadap 50 nelayan responden perikanan tangkap gillnet di Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kab. Padang Pariaman Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis faktor input produksi yang memengaruhi hasil tangkapan ikan, menganalisis tingkat efisiensi teknis, efisiensi alokatif dan efisiensi ekonomi penggunaan sumbardaya pada usaha perikanan tangkap gillnet di Kabupen Padang Pariaman menggunakan pendekatan fungsi produksi Stochastic Frontier-Cobb Douglass. Penelitian ini menggunakan 5 (X1- X5) variabel independen (Jumlah alat tangkap,Frekuensi Melaut, Jumlah Bahan Bakar durasi melaut dan jumlah es batu) dan Hasil tangkapan ikan (Y) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor input produksi Frekuensi Melaut, Jumlah Bahan Bakar dan Jumlah Es Batu mempengaruhi hasil tangkapan ikan secara siqnifikan pada α= 1 %. Tingkat efisiensi teknis (TE) yang mampu dicapai oleh nelayan perikanan tangkap gillnet di kabupaten padang pariaman adalah 0,81-0,9 sebanyak 17 responden (34%) dan 0,91-1 sebanyak 33 responden (66%). Seluruh responden belum mencapai efisiensi alokatif (AE) dan efisiensi ekonomi (EE) dimana Tingkat efisiensi aloktif dan efisiensi ekonomi yang mampu dicapai oleh responden secara berturut-turut bernilai 0,35 dan 0,38. Kata kunci: Efisiensi, Stochastic Frontier Analysis (SFA), Fungsi Produksi Cobb-Douglass, Usaha perikanan tangkap gillnet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Pascasarjana > Sumberdaya Perikanan Pesisir dan Kelautan
Depositing User: SP2K Magister
Date Deposited: 22 Mar 2024 08:19
Last Modified: 22 Mar 2024 08:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item