PENAMAAN TEMPAT USAHA DAN IMPLIKASI TERHADAP EKSISTENSI UNIT USAHA DI KOTA PADANG: KAJIAN SEMANTIK

Melvia, Septiani and Romi, Isnanda (2024) PENAMAAN TEMPAT USAHA DAN IMPLIKASI TERHADAP EKSISTENSI UNIT USAHA DI KOTA PADANG: KAJIAN SEMANTIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER & BAB PENDAHULUAN..pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN & DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (336kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI MELVIA SEPTIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dijalankan bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemaknaan penamaan pada unit usaha di Kota Padang, Sumatera Barat, (2) sebab-sebab penamaan unit usaha di Kota Padang, Sumatera Barat, (3) mendeskripsikan implikasi penamaan terhadap eksistensi unit usaha di Kota Padang. Pada penelitian yang dijalankan teori menjadi acuan dikemukakan oleh Chaer (2013:60-78) mengenai jenis-jenis makna dan sebab–sebab penamaan. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa kosa kata yang digunakan pada penamaan unit usaha di Kota Padang. Objek penelitian yang dijalankan adalah penamaan yang digunakan pada tempat usaha kuliner di Kota Padang. Instrumen penelitian yang dijalankan adalah peneliti sendiri dengan memanfaatkan alat bantu perekam suara smarthphone, serta lembar pencatatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara: (1) mendokumentasikan nama-nama unit usaha di Kota Padang, (2) wawancara kepada informan. Teknik analisis data yang dijalankan dengan cara: (1) menyeleksi data sesuai dengan fokus masalah, (2) mengelompokan hasil penelitian penamaan tempat usaha berlandasan dari pemaknaan dan sebab-sebab penamaan, (3) menyimpulan hasil analisis data. Data dianalisis berlandasan dari pemaknaan penamaan, sebab-sebab penamaan, dan implikasi penamaan pada unit usaha. Landasan dari hasil penelitian dan analisis data ditemukan 50 penamaan di Kota Padang, Sumatera Barat, yaitu 46 data dengan makna kias, 1 data dengan makna konotatif, 1 data dengan makna denotatif, 2 data dengan makna referensial. Landasan sebab-sebab penamaan dari 50 data ditemukan, 43 data dengan sebab keserupaan, 2 data dengan sebab penggunaan kata sifat, 1 data dengan sebab tempat asal, 1 data dengan penamaan baru, 2 data dengan Penemu dan Pembuat. Berlandasan dari kuesioner yang dibagikan mengenai implikasi penamaan unit usaha di Kota Padang, Sumatera Barat. Dari 10 pernyataan yang tersedia pada kuesioner, ditemukan 2 pernyataan yang dominan, yaitu pernyataan 1 Penamaan produk disini menarik perhatian konsumen, 56 responden sangat setuju kode (SS) dan pernyataan 4 saya tertarik untuk membeli produk kuliner ini karena dari penamaan produk, 60 responden setuju (S). Berlandasan dari hasil penelitian disimpulan bahwa, penamaan yang unik pada suatu unit usaha bisa menunjang minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan sehingga berimplikasi pada keeksistensian suatu unit usaha kuliner di Kota Padang, Sumatera Barat. Kata Kunci : Penamaan, Pemaknaan, Sebab-sebab Penamaan, Tempat Usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:16
Last Modified: 25 Mar 2024 03:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item