PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH FLY ASH TERHADAP KUAT TEKAN BETON 35 mpa (EFFECT OF FLY ASH SUBSTITUTIONS WASTE ON COMPRESSIVE STRENGTH OF CONCRETE 35 mpa)

Fachrur, Rhozi and Afrizal, Naumar (2024) PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH FLY ASH TERHADAP KUAT TEKAN BETON 35 mpa (EFFECT OF FLY ASH SUBSTITUTIONS WASTE ON COMPRESSIVE STRENGTH OF CONCRETE 35 mpa). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Lembaran Pengesahan, Abstrak, Daftar isi, dan BAB Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB Kesimpulan Saran & Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
FULL TEKS TUGAS AKHIR (Cover_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan limbah fly ash sebagai substitusi semen dalam pembuatan beton mutu 35 MPa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah persentase pemakaian limbah fly ash terhadap workability dan kuat tekan karakteristik beton. Penelitian ini dilakukan dengan menggantikan 2,5%, 5%, 6,75%, 7,5% dan 10% dari berat semen dengan limbah fly ash. Beton dicetak menggunakan cetakan silinder diameter 15 cm dengan tinggi 30 cm. Pengujian yang diakukan adalah uji kuat tekan menggunakan Compression Testing Machine di laboratorium PT Statika Mitra Saran, dilakukan ketika beton mencapai umur 7, 14, dan 28 hari. Hasil penelitian mengenai workabiity ditinjau dari pengujian slump didapatkan bahwa semakin banyak persentase substitusi fly ash maka semakin kental campuran beton tersebut. Hasil pengujian kuat tekan karakteristik beton maksimal didapatkan pada persentase 6,5% dan kuat tekan beton minimum didapatkan pada persentase 10%, semakin besar penggunaan persentase maka semakin menurun nilai kuat tekan beton tersebut. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kadar SiO2 yang cukup tinggi yang dapat mengurangi kekuatan tekan beton karena dapat menyebabkan kekurangan adhesi (daya tarik atau daya rekat) antara agregat dan pasta semen, kelebihan kadar SiO2 tidak dapat bereaksi lagi dengan kapur sehingga kuat tekan beton menurun karena tidak terbentuknya kapur hidrolis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:00
Last Modified: 25 Mar 2024 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item