PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI SD NEGERI 14 PAUH KOTA PADANG

Putri, Nurhanifa and Erman, Har (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI SD NEGERI 14 PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER- BAB PENDAHULUAN.docx

Download (759kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN-DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (105kB)
[img] Text
FULL TEXT.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Kooperatif tipe NHT kelas V SD Negeri 14 Pauh Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Pauh yang berjumlah 19 Orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aspek guru, dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase observasi aspek guru yaitu 70% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Pada lembar tes hasil belajar siswa, rata-ratanya meningkat dari 67% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Lalu pada persentase ketuntasan yang persentasenya 13% pada siklus I meningkat menjadi 68% pada siklus II. Penggunaan model kooperatif disarankan diterapkan pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 14 Pauh Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:33
Last Modified: 25 Mar 2024 01:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item