ANALISA KAPASITAS PENAMPANG DAN NORMALISASI SUNGAI BATANG KINALI (RUAS : BENDUNG BANCAH RAMBAI – KAMPUNG RANTAU PANJANG)

Alvareza, Sarana Carlo and Afrizal Naumar, Afrizal (2024) ANALISA KAPASITAS PENAMPANG DAN NORMALISASI SUNGAI BATANG KINALI (RUAS : BENDUNG BANCAH RAMBAI – KAMPUNG RANTAU PANJANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, BAB I Sarana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran, Daftar Pustaka Sarana.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Full TA Sarana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sungai Batang Kinali terdapat di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Dampak terjadinya kerusakan DAS Batang Kinali dapat terlihat pada kondisi morfologi sungai yang berada di wilayah tersebut, antara lain terjadinya pendangkalan dasar alur sungai, alur sungai yang berbelok-belok dan longsor pada tebing sungai, sehingga menyebabkan terjadinya banjir yang makin meningkat dan meluas akhir – akhir ini. Tujuan penelitian ini menghitung hujan rencana dan debit banjir rencana dan menentukan dimensi kontruksi dinding penahan tanah pada Batang Kinali. Metode penelitian dilakukan analisis hidrologi dan analisis hidrolika pada ruas sungai yang ditinjau. Hasil analisis menunjukan simulasi debit banjir rencana pada periode ulang 2, 5, 10, 25, 50 tahun dan tinggi muka air banjir. Analisis Curah hujan dilakukan dengan mencari frekuensi hujan menggunakan metode Gumbel. Adapun data curah hujan yang digunakan adalah data hujan sekunder yang bersumber dari Dinas Pengelola Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (PSDA-BK) Padang, Sumatera Barat yang berupa data curah hujan maksimum dari tahun 2008 s/d 2022. Ada beberapa metode perhitungan dalam menghitung debit banjir rencana. Debit mononobe dipilih karena menghasilkan debit yang mendekati, dan dimensi konstruksi dinding penahan tanah yang digunakan penampang persegi yaitu tipe Kantilever, yang direncanakan dengan tinggi 3,3 m (jagaan 1 m) dan lebar tapak 2,2 m. Kata kunci : Batang Kinali, Dinding penahan tanah, debit, sungai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:05
Last Modified: 25 Mar 2024 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item