ANALISA KAPASITAS PENAMPANG DAN NORMALISASI SUNGAI BATANG KINALI (RUAS : Pertemuan Batang Kinali dengan Batang Patupangan – Bendung Bancah Rambai)

Fajri, Ahsanul and Afrizal Naumar, Afrizal (2024) ANALISA KAPASITAS PENAMPANG DAN NORMALISASI SUNGAI BATANG KINALI (RUAS : Pertemuan Batang Kinali dengan Batang Patupangan – Bendung Bancah Rambai). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Lembar pengesahan, Abstrak, Kata pengantar, BAB I sanul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran, Daftar Pustaka Sanul.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Full TA Sanul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sungai batang kinali yang terletak di Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bajir yang terjadi merupakan dampak dari meandering atau berkelok- kelok dan pendangkalan aliran sungai yang mengakibatkan kerusakan pada permukiman warga dan lahan sawit yang berada dekat dengan sungai.hal ini menandakan bahwa penampang sungai belum memadai untuk mengalirkan debit banjir yang besar. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengkaji kapasitas penampang dan merencanakan normalisasi sungai. Data kajian didapatkan di kantor dinas SDA-BK adalah data curah hujan, peta topografi, data geometri sungai. Dalam menganalisa kajian ini maka dilakukan perhitungan hidrologi, menghitung hujan maksimum, hujan rencana, uji distribusi probabilitas, menghitung debit banjir rencana, banjir lapangan, tinggi muka air, dan menghitung dimensi dinding penahan tanah. Analisa perhitungan debit banjir rencana yang telah di uji distribusi probabilitas maka didapatkan metode Mononobe dengan debit Q5 = 213.94 m3/detik Q25 = 302.70 m3/detik dan Q50 = 339.46 m3/detik. Tinggi muka air banjir didapatkan 3.6 meter dan kedalaman gerusan 2.23 meter. Setelah menghitung kapasitas kapasitas tampung penampang sungai batang kinali pada ruas yang ditinjau ternyata semua banjir, maka perlu dilakukan penanganan pada penampang yang ditinjau. dimensi konstruksi dinding penahan tanah pada Sungai Batang Kinali yang direncanakan yaitu dengan tinggi 3.6 meter dan lebar 2.2 meter dengan tipe dinding penahan tanah tipe kantilever. Kata kunci : Batang Kinali, Penampang, Sungai, Banjir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:08
Last Modified: 25 Mar 2024 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item View Item