STRATEGI MEWUJUDKAN KAMPUS HIJAU MELALUI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN MENURUT UI GREENMETRIC DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Afdhal, Hubig and Alizar, Hasan and Bahrul, Anif (2024) STRATEGI MEWUJUDKAN KAMPUS HIJAU MELALUI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN MENURUT UI GREENMETRIC DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
organized (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Politeknik Negeri Medan (Polmed) sebagai salah satu institusi pendidikan vokasi yang ada di Sumatera Utara diharapakan akan terus berkembang menjadi perguruan vokasi yang unggul dan sudah harus mengambil kebijakan pengembangan kampus yang berwawasan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan, Renstra Polmed mencanangkan menjadi kampus hijau pada tahun 2025. Penelitian ini mengkaji kesiapan Polmed sesuai dengan indikator UI GreenMetric pada kategori transportasi, dengan pengumpulan data primer dan sekunder yang dilakukan analisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Dengan luas lahan ± 84.420,74 m² dan jumlah total penduduk kampus sebanyak 6.748 orang dengan sebaran data kepegawaian dan akademik Polmed jumlah keseluruhan mahasiswa sebanyak 6.270 orang dan jumlah Dosen, Tenaga kependidikan, dan Staff administrasi sebanyak 478 orang pada tahun 2022/2023, menghasilkan hasil penelitian berdasarkan indikator UI GrreenMetric masih rendahnya ketersediaan sistem transportasi ramah lingkungan di kawasan kampus Polmed yaitu belum tersedianya kebijakan kendaraan bebas emisi dan belum adanya inisiatif pengurangan kendaraan pribadi di kawasan kampus Polmed. Program pembatasan atau pengurangan area parkir di kampus selama 3 tahun terakhir menghasilkan penurunan area parkir sebesar 10 - 30%. Walaupun sudah tersediah jalur pejalan kaki hanya beberapa area yang sudah dikatakan aman dan nyaman, tetapi belum ramah bagi penyandang disabilitas, dari keseluruhan indikatornya nilai yang didapat 725 dari 1.800 atau sebesar 40,28% dalam kategori transportasi. Untuk meningkatkan persentase dapat dilakukan upaya menerapkan penggunaan kendaraan listrik, meredesain jalur pejalan kaki yang aman, nyaman dan dapat diakses bagi penyandang disabilitas dan meredesain lahan parkir dengan membuat parkir bertingkat/vertical parking. Kata kunci – Polmed, UI GreenMetric, Indikator, Transportasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil Magister
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:12
Last Modified: 25 Mar 2024 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19829

Actions (login required)

View Item View Item