PENERAPAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD UNTUK PERENCANAAN OPTIMALISASI PENJADWALAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SWALAYAN BUDIMAN

Muhammad, Farhan and Indra, Khaidir (2024) PENERAPAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD UNTUK PERENCANAAN OPTIMALISASI PENJADWALAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SWALAYAN BUDIMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Tugas Akhir Muhammad Farhan (Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar isi dan Bab Pendahuluan).pdf

Download (7MB)
[img] Text
ii. Tugas Akhir Muhammad Farhan (Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka).pdf

Download (1MB)
[img] Text
iii. Tugas Akhir Muhammad Farhan (FullTeks).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Indonesia yang merupakan negara berkembang saat ini tengah giat melaksanakan pembangunan proyek konstruksi. Demi kelancaran jalannya suatu proyek konstruksi maka diperlukanlah manajemen proyek guna mengelola proyek dari awal sampai proyek berakhir. Salah satu dari bagian manajemen proyek itu adalah pengendalian waktu yang berupa penjadwalan proyek. Penjadwalan proyek harus disusun secara sistematis dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien agar sasaran proyek dapat dicapai dengan optimal. Umumnya dalam penjadwalan proyek konstruksi metode yang kerap digunakan dalam penjadwalan proyek, antara lain Bar Chart, Kurva S, Network Planning (CPM, PERT, PDM). Berdasarkan dari teori-teori yang sudah ada pada penelitian-penelitian sebelumnya disimpulkan bahwa metode PDM (Precedence Diagram Methode) memiliki kelebihan-kelebihan dari pada metode umum lainnya, oleh karena itu pada tugas akhir ini penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan metode PDM (Precedence Diagram Methode) untuk merencanakan penjadwalan waktu yang optimum pada proyek pembangunan Gedung Swalayan Budiman. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method) untuk mendapatkan penjadwalan waktu yang optimum, mengetahui lamanya waktu pelaksanaan proyek, dan mengetahui kegiatan kritis pada diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method) untuk penjadwalan waktu yang optimum. Dalam penerapan metode PDM, langkah pertama yaitu melakukan pengumpulan data berupa uraian item pekerjaan dan durasi item pekerjaan, langkah kedua yaitu membuat WBS (Work Breakdown Structure) berdasarkan dari data yang sudah didapatkan, langkah ketiga yaitu merencanakan diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method) untuk mendapatkan penjadwalan waktu yang optimum, langkah keempat yaitu melakukan perhitungan dengan bantuan Microsoft Project 2021. Hasil dari analisis penjadwalan dengan metode PDM (Precedence Diagram Method) didapatkanlah diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method) untuk penjadwalan waktu yang optimum, dan didapatkanlah waktu yang optimum sebesar 210 hari kerja (30 minggu), dan juga didapatkanlah 19 pekerjaan yang termasuk kegiatan kritis pada diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method) untuk penjadwalan waktu yang optimum. Kata Kunci : Manajemen Proyek, Work Breakdown Structure, Penjadwalan Proyek, Precedence Diagram Method, Microsoft Project.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:16
Last Modified: 25 Mar 2024 05:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19846

Actions (login required)

View Item View Item