ANALISIS PERBANDINGAN RESPON STRUKTUR BASE ISOLATOR TIPE HIGH DAMPING RUBBER BEARING (HDRB) DAN LEAD RUBBER BEARING (LRB)

Salsabila, Difa Pradipta and Rini, Mulyani (2024) ANALISIS PERBANDINGAN RESPON STRUKTUR BASE ISOLATOR TIPE HIGH DAMPING RUBBER BEARING (HDRB) DAN LEAD RUBBER BEARING (LRB). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Cover, Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, dan BAB I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kota Padang berada di kawasan yang rawan terhadap gempa bumi. Gempa dengan kekuatan besar yang terjadi dapat mengakibatkan runtuhnya bangunan yang menimbulkan korban jiwa. Salah satu cara untuk menghindari keruntuhan bangunan akibat gempa bumi, yaitu dengan mereduksi gaya gempa yang bekerja pada bangunan atau menambah suatu sistem struktur yang dikhususkan untuk menyerap sebagian energi gempa yang masuk kebangunan. Sistem struktur yang mampu mereduksi gaya gempa ini dikenal dengan nama base isolator. Base Isolator sebagai bagian yang dapat memisahkan struktur atas dengan struktur bawah yang menjadi suatu pendekatan perencanaan bangunan tahan gempa untuk melindungi struktur dan komponennya dari resiko kerusakan akibat gempa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan base isolator Tipe High Damping Rubber Bearing (HDRB) dan Lead Rubber Bearing (LRB) pada perioda, displacement, simpangan antar lantai dan gaya geser dari struktur tersebut dan membandingkan dengan respon struktur yang terjadi pada struktur Fixed Base. Dari hasil analisis didapatkan spesifikasi base isolator tipe HDRB yaitu HH065X6R dan tipe LRB yaitu LL065G4 sesuai dengan spesifikasi pada katalog Bridgestone 2017. Penggunaan base isolator dapat meningkatkan nilai perioda struktrur dibandingkan dengan struktur fixed base sebesar 70% hingga 76%. Struktur yang menggunakan base isolation memiliki nilai perpindahan yang lebih besar pada dasar struktur dibandingkan dengan struktur fixed base. Penggunaan base isolator dapat mereduksi nilai simpangan antar lantai sebesar 30% hingga 51% dan gaya geser dasar sebesar 63% hingga 67%. Kata kunci : Gempa, Base Isolator, Fixed Base, Bridgestone 2017

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:57
Last Modified: 25 Mar 2024 06:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item View Item