PERANCANGAN SISTEM MONITORING KEBAKARAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN MULTISENSOR (DHT11, KY-026, DAN MQ-2)

Ilham Fitra, Ramadhan and Ija, Darmana (2024) PERANCANGAN SISTEM MONITORING KEBAKARAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN MULTISENSOR (DHT11, KY-026, DAN MQ-2). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Ilham Fitra Ramadhan 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Ilham Fitra Ramadhan 2.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Skripsi Ilham Fitra Ramadhan 3.pdf

Download (5kB)
[img] Text
Skripsi Ilham Fitra Ramadhan (22-060) Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ilham Fitra Ramadhan: Perancangan Sistem Monitoring Kebakaran BerbasisInternet Of Things (IoT) Menggunakan Multisensor (DHT11, KY-026, dan MQ-2). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kejadian kebakaran ruma ataupun bangunan yang ada di kawasan padat penduduk. Banyak faktor terjadinykebakaran, salah satunya korsleting listrik. Tidak sedikit kebakaran yang terjadi terlambat diketahui dan dilakukannya penanganan. Hal ini menyebabkan kerugianbesar bagi para korban kebakaran. Kebakaran dapat dicegah lebih awal untukmengurangi dampak meluasnya api yaitu dengan melakukan monitoring. Monitoring merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk memantau atau mengamatisesuatu. Monitoring berfungsi memantau kondisi jika terjadi ciri-ciri terjadinykebakaran. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah rancangan alat yang efisien dalam memberikan informasi untuk mendeteksi tanda-tanda kebakaran gunamencegah semua kerugian yang diakibatkan oleh peristiwa kebakaran. Alat inidapat bekerja dengan baik dan berhasil digunakan dengan tingkat akurasi 92%. Kata kunci : Internet of Things, Mikrokontroller, Android

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:41
Last Modified: 26 Mar 2024 01:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19915

Actions (login required)

View Item View Item