PENGARUH ABU TERBANG (SEBAGAI PENGGANTI SEMEN) DAN PENAMBAHAN SUPER PLASTICIZER TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON

Tri Ferki, Haria Bakti and Mufti, Warman Hasan (2024) PENGARUH ABU TERBANG (SEBAGAI PENGGANTI SEMEN) DAN PENAMBAHAN SUPER PLASTICIZER TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB Cover,Lembar Pengesahan,Abstrak,Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB Kesimpulan Saran & Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
FULL TEKS TUGAS AKHIR ( COVER-LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Beton semen sebagai bagian dalam konstruksi beton memiliki beberapa kelemahan yaitu biaya produksi dan kebutuhan energi tinggi serta dampak negatif terhadap efek rumah kaca. Penghematan yang cukup besar dalam biaya dan konsumsi energi dapat dicapai dengan memanfaatkan produk sampingan ini sebagai pengganti sebagian semen salah satunya yaitu menggunakan limbah abu terbang yang memiliki sifat pozzolan dengan kandungan silica yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian semen dengan abu terbang dengan variasi persentase 30, 35 dan 40% dan penambahan superplasticizer Sikament LN terhadap kuat tekan dan kuat tarik belah beton. Penelitian ini menggunakan beberapa perlakuan persentase abu terbang sebagai pengganti semen yaitu BN (beton normal/ tanpa penggunaan abu terbang dan superplasticizer), BFA30% (beton dengan penggunaan abu terbang 30% + 1% sikament LN), BFA35% (beton dengan penggunaan abu terbang 35% + 1% sikament LN) dan BFA40% (beton dengan penggunaan abu terbang 40% + 1% sikament LN). Sifat mekanik beton dievaluasi dengan menentukan kuat tekan dan kuat tarik belah pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beton dengan penggunaan abu terbang sebanyak 30% sebagai substitusi semen menghasilkan kuat tekan yang hampir dapat menyamai kuat tekan beton normal pada semua periode pengamatan. Kuat Tarik belah beton yang yang tertinggi terdapat pada perlakuan BN yaitu sebesar 2,85 MPa, sedangkan dengan variasi substitusi yang diterapkan yang mendekati kuat tarik belah beton normal pada variasi 30% sebesar 2,15 MPa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa abu terbang dapat digunakan sebagai pengganti semen hingga persentasi 30%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:54
Last Modified: 26 Mar 2024 01:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19922

Actions (login required)

View Item View Item