PERJALANAN HIDUP GITA SESA WANDA CANTIKA DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR PENDEKATAN RESEPSI PEMBACA

Saraswitha, Shinta Hapsari and Endut, Ahadiat (2024) PERJALANAN HIDUP GITA SESA WANDA CANTIKA DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR PENDEKATAN RESEPSI PEMBACA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUANPENGESAHAN, ABSTARAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dari dahulu sampai sekarang karya sastra selalu mendapat tanggapan-tanggapan pembaca, baik secara perseorangan maupun secara bersama-sama atau secara massal. Karya sastra itu ditujukan kepada pembaca, bagi kepentingan masyarakat pembaca. Pembacalah yang menentukan makna dan nilai karya sastra. Karya sastra tidak mempunyai arti tanpa ada pembaca yang menanggapinya. Karya sastra mempunyai nilai karena ada pembaca yang menilai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca atau resepsi pembaca mengenai perjalanan hidup Gita Sesa Wanda Cantika sebagai tokoh utama dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Teori yang digunakan adalah teori resepsi pembaca yang dikemukakan oleh Pradopo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar ditemukan tanggapan pembaca atau resepsi pembaca, pertama, perjalanan hidup Gita Sesa Wanda Cantika berjuang melawan penyakit kanker ganas. Kedua, harapan dan cita-cita Gita Sesa Wanda Cantika sembuh dari penyakit kanker ganas untuk menggapai cita-citanya menjadi model dan penulis. Ketiga, tekad Gita Sesa Wanda Cantika untuk sembuh dari kanker ganas dengan tabah dan menahan segala rasa sakit yang luar biasa. Keempat, berani bertindak untuk tinggal bersama ayahnya dan tetap bersekolah secara normal walau dalam kondisi yang buruk. Kata kunci : perjalanan hidup, gita, novel, resepsi pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SINDO FIB
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:07
Last Modified: 26 Mar 2024 07:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19972

Actions (login required)

View Item View Item