PERKUATAN DAYA DUKUNG TANAH LUNAK DENGAN METODE VIBRO STONE COLUMN STUDI KASUS: JALAN TOL YOGYAKARTA – BAWEN (STA 72+975 – 73+100)

Soesilo, Fatimah and Hendri, Warman (2024) PERKUATAN DAYA DUKUNG TANAH LUNAK DENGAN METODE VIBRO STONE COLUMN STUDI KASUS: JALAN TOL YOGYAKARTA – BAWEN (STA 72+975 – 73+100). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (156kB)

Abstract

Abstrak Tanah lempung lunak memiliki sifat gaya geser tanah yang kecil, kompresibilitas besar, koefisien permeabilitas kecil dan mempunyai daya dukung rendah, serta terdapat lapisan pasir tebal yang berpotensi terjadinya likuifaksi. Untuk memenuhi syarat daya dukung tanah dan memitigasi potensi likuifaksi dilakukan metode perbaikan tanah. Perbaikan tanah yang digunakan pada studi kasus penelitian ini adalah menggunakan Vibro Stone Column, yang mana menggunakan agregat batu pecah untuk membuat kolom di dalam lapisan tanah. Diameter stone column digunakan 0,5 m, kedalaman 16 m, jarak 2 m dengan pola konfigurasi bujur sangkar. Analisis perencanaan berfokus pada kapasitas daya dukung ultimate, penurunan yang terjadi tanpa dilakukan perbaikan dan setelah dilakukan perbaikan tanah menggunakan metode vibro stone column. Analisis mengacu pada pedoman FHWA (1983), Hughes (1974), perhitungan daya dukung tanpa stone column dilakukan menggunakan teori Terzaghi (1943), dan analisis penurunan mengacu pada Barksdale et.al (1989). Metode FHWA menghasilkan daya dukung ultimate (qult) 161,04 t/m2, dibandingkan dengan metode Hudges, menghasilkan qult 147,92 t/m2, dan teori Terzaghi menghasilkan qu 77,35 t/m2. analisis total penurunan didapatkan sebesar 45,5 cm. Jika tanpa perbaikan tanah terjadi penurunan sebesar 1,245 m. Diperoleh efisiensi dan reduksi penurunan sebesar 63,4% jika dilakukan perbaikan tanah, dan dilakukan perhitungan kecepatan konsolidasi didapatkan St’ 70mm < 100mm selama 10 tahun. Menerapkan metode perbaikan tanah menggunakan stone column, didapatkan efisiensi dan reduksi penurunan. Penelitian ini menekankan pentingnya perbaikan tanah untuk mengurangi penurunan pada konstruksi. Stone column adalah metode efektif untuk meningkatkan daya dukung dan mengatasi penurunan pada tanah. Kata Kunci: Daya Dukung Tanah, Perbaikan Tanah, Stone Column, Penurunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:05
Last Modified: 26 Mar 2024 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19984

Actions (login required)

View Item View Item