PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI DENGAN APLIKASI ADOBE ANIMATE BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMA

Puspa, Rini and Syukma, Netti (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI DENGAN APLIKASI ADOBE ANIMATE BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI PUSPA RINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang ada di sana, dimana ketika proses pembelajaran berlangsung guru menggunakan metode pembelajaran langsung atau ceramah sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, masih banyak siswa melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal perbandingan trigonometri dan Fasilitas proyektor kurang memadai akibatnya guru kurang memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul trigonometri dengan aplikasi adobe animate berbasis pendekatan problem based learning.untuk siswa kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development), model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahap melaksanakan pengembangan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementasi dan evaluation. Subjek peneliti ini adalah semua siswa kelas X MIPA 1. Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan uji praktikalitas serta tes yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai validitas secara keseluruhan yakni sebesar 80% dengan kriteria valid, nilai praktikalitas guru sebesar 92,7% dengan kriteria sangat praktis, nilai praktikalitas peserta didik sebesar 96,3% dengan kriteria praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-modul trigonometri berbantu aplikasi Adobe Animate berbasisi pendekatan PBL yang telah dilaksanakan di kelas X MIPA 1 diperoleh kesimpulan yaitu e-modul dinyatakan valid dan praktis. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat membuat e-modul yang tidak hanya bisa diakses oleh pengguna android saja melainkan juga bisa di akses oleh pengguna ios dan laptop. Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Pendekatan Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:34
Last Modified: 27 Mar 2024 01:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19997

Actions (login required)

View Item View Item