MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SD NEGERI 39 PASAR AMBACANG KOTA PADANG

Fanny, Efelina and Darwianis, Darwianis (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SD NEGERI 39 PASAR AMBACANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i.pdf

Download (646kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (247kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 39 Pasar Ambacang Kota Padang yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 39 Pasar Ambacang Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar observasi aspek afektif siswa, dan tes hasil belajar. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 46% dengan rata-rata hasil belajar 87 dan meningkat pada siklus II sebesar 82% dengan rata-rata hasil belajar 92. Berdasarkan lembar observasi aspek afektif siswa, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 61% dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 39 Pasar Ambacang Kota Padang. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Scramble, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:37
Last Modified: 28 Mar 2024 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20081

Actions (login required)

View Item View Item