PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KURS DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN LQ45

Nuri, Kuntum Khaira and Rika, Desiyanti (2024) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KURS DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN LQ45. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI NURI KJUNTUM KHAIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (786kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen, kurs, dan inflasi terhadap harga saham perusahaan LQ45 di Indonesia, dengan mempertimbangkan profitabilitas sebagai variabel moderating. Data yang digunakan adalah data panel dari perusahaan LQ45 selama beberapa tahun terakhir. Metode analisis regresi data panel digunakan untuk mengevaluasi pengaruh variabel-variabel independen terhadap harga saham, sementara interaksi antara profitabilitas dan variabel-variabel independen ditambahkan untuk memeriksa peran moderating profitabilitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu dengan beberapa kriteria sampel perusahaan pada tahun pengamatan yang bersangkutan, maka diperoleh sebanyak 29 perusahaan yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan di BEI pada website www.idx.co.id. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen dan kurs mempengaruhi harga saham perusahaan LQ45 secara signifikan, sementara inflasi tidak memiliki dampak yang signifikan. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh kebijakan dividen terhadap harga saham, tetapi tidak memoderasi pengaruh kurs atau inflasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Manajemen FEB
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:14
Last Modified: 28 Mar 2024 07:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20194

Actions (login required)

View Item View Item