“PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT KASAR ALAMI (KORAL) SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT KASAR BUATAN (SPLIT) TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL”

Harbyan, Mingjos and TAUFIK, TAUFIK and Yulcherlina, Yulcherlina (2024) “PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT KASAR ALAMI (KORAL) SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT KASAR BUATAN (SPLIT) TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL”. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Bab I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
Kesimpulan-Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Newss Tugas Akhir Harbyan Mjs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Pasaman Barat adalah daerah yang banyak memiliki aliran sungai khususnya di Batang Pasaman yang merupakan banyak menghasilkan agregat sebagai campuran beton. Agregat alami untuk setiap daerah berbeda – beda karakteristiknya dikarenakan faktor geologis dan pola aliran sungai. Penggunaan struktur beton menyebabkan tingginya permintaan material, dibutuhkan inovasi guna mencari pengganti agregat. Agregat kasar alami (koral) menjadi pilihan untuk bahan campuran beton, salah satunya agregat kasar alami (koral) yang dikombinasikan dengan agregat kasar buatan (Split). Proses dalam penelitian ini di uji Laboratorium Material dan Struktur Universitas Bung hatta. Agregat kasar alami (koral) hasil produksi langsung dari sungai Batang Pasaman. Penggunaan agregat kasar alami (koral) pada campuran beton yang divariasikan menjadi 0%, 10%, 20%, 30%, 40% dan 50% digunakan rancangan mix design SNI 7656:2012. Berdasarkan nilai kuat tekan yang dianalisa adanya peningkatan pada campuran 10% sebesar 1,16% pada variasi 20% mengalami kenaikan 1,12% divariasi 30% mengalami kenaikan 1,10% dan 1,04% divariasi 40% dan pada variasi 50% mengalami penurunan sebesar 1,02%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:06
Last Modified: 28 Mar 2024 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item