PENYEBAB PERUBAHAN PONDASI BORED PILE KE PONDASI KJRB PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Pangestu, rama wahyu and Carlo, Nasfryzal and Eko, Prayitno (2024) PENYEBAB PERUBAHAN PONDASI BORED PILE KE PONDASI KJRB PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
RAMA_WAHYU_PANGESTU_1810015211075_JILID WORD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini akan difokuskan pada Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Gedung ini memiliki perencanaan untuk mengganti pondasi dari tipe bored pile ke tipe pondasi KJRB. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan semacam ini bukan hanya mempengaruhi elemen fisik bangunan, tetapi juga berpotensi memengaruhi pelaksanaan keseluruhan pembangunan. Pondasi berperan penting dalam menjamin kestabilan dan keamanan struktur bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab dan menganalisis dampak perubahan terhadap pembangunan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei yang dilakukan melalui pendistribusian kuesioner pada 13 responden yang terdiri dari kontraktor pelaksana, konsultan manajemen konstruksi. Data dianalisis dengan Analisis faktor dan analisis rangking dengan bantuan program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa 1) Faktor penyebab perubahan pondasi dari Bored Pile ke KJRB ditemukan sebanyak 12 faktor penyebab. Faktor-faktor tersebut melibatkan 5 faktor: kondisi lingkungan, teknis peralatan, kondisi lokasi proyek, pengalaman, dan waktu pelaksanaan. Dalam analisis peringkat, faktor keberadaan tanah keras dan kondisi geoteknis menduduki peringkat tertinggi, menunjukkan dampak signifikan terhadap perubahan jenis pondasi. 2) Sebagai dampak pada pelaksanaan proyek, terdapat 9 faktor dampak pelaksanaan akibat perubahan pondasi. Faktor-faktor ini melibatkan 4 faktor: pengalaman penggunaan KJRB, penyesuaian kondisi cuaca, efektivitas, dan efisiensi keuangan. Dalam analisis rangking, faktor yang paling signifikan terutama dalam pengurangan kebisingan dan efisiensi keuangan. Kata kunci: Penyebab Perubahan Pondasi, Dampak Perubahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:42
Last Modified: 01 Apr 2024 01:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20210

Actions (login required)

View Item View Item