INTERFERENSI KOSAKATA BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA PADA MASYARAKAT DI NAGARI LUBUK BUNTA, KECAMATAN SILAUT, KABUPATEN PESISIR SELATAN.

Upik, Puspita Rini and MARSIS, MARSIS and Syofiani, Syofiani (2016) INTERFERENSI KOSAKATA BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA PADA MASYARAKAT DI NAGARI LUBUK BUNTA, KECAMATAN SILAUT, KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan kosakata bahasa Jawa pada tuturan masyarakat di Nagari Lubuk Bunta, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan yang dianggap sebagai interferensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi kosakata bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia pada tuturan masyarakat di Nagari Lubuk Bunta, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan adalah teori tentang interferensi yang dikemukakan oleh Abdul Chaer dan Leoni Agustina (2010) serta beberapa teori pendukung lainnya mengenai interferensi Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data tuturan yang mengandung interferensi kosakata bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia yang menjadi objek penelitian. Data dalam penelitian ini adalah kosakata bahasa Jawa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptifyaitu dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, menginterprestasikan data, melaporkan analisis data dan menyimpulkan data. Analisis data menunjukkan bahwa bentuk interferensi kata dasar lebih banyak ditemukan dibandingkan bentuk interferensi kata berimbuhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penutur dalam menguasai bahasa pertama dan kedua sangat mempengaruhi kemampuan berbahasanya. Dengan demikian diperlukan adanya keseimbangan penguasaan bahasa pertama dengan bahasa kedua agar tidak terjadi interferensi dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Kata Kunci: Sosiolinguistik, Interferensi, Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:03
Last Modified: 29 Apr 2024 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item