PENGARUH KINERJA KEUANGAN, KINERJA LINGKUNGAN, LIPUTAN MEDIA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (ENVIRONMENTAL DISCLOSURE)

Ria Surianti, Ria Surianti and Dwi Fitri Puspa, Dwi Fitri Puspa and Mukhlizul Hamdi, S.E, M.Si, Ak, CA, Mukhlizul (2017) PENGARUH KINERJA KEUANGAN, KINERJA LINGKUNGAN, LIPUTAN MEDIA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (ENVIRONMENTAL DISCLOSURE). Diploma thesis, Universitas Bung hatta.

[img] Text
RIA SURIANTI (1310011311257).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH KINERJA KEUANGAN, KINERJA LINGKUNGAN, LIPUTAN MEDIA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (ENVIRONMENTAL DISCLOSURE) Ria Surianti, Dwi Fitri Puspa, Mukhlizul Hamdi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bunghatta Email : suriantiria03gmail.com ABSTRAK Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kinerja keuangan, kinerja lingkungan, liputan media dan kualitas audit terhadap pengungkapan lingkungan (environmental disclosure). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling, sehingga perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 92 perusahaan manufaktur dan pertambangan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan manufaktur dan pertambangan pada website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Dalam penelitian ini terdapat lima hipotesis dimana variabel kinerja keuangan dalam penelitian ini diukur dengan dua indikator yaitu profitabilitas dan leverage. Hasil membuktikan bahwa (1) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, (2) leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, (3) kinerja lingkungan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, (4) liputan media berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan dan (5) kualitas audit berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Kata kunci: pengungkapan lingkungan, kinerja keuangan, kinerja lingkungan, liputan media, kualitas audit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:27
Last Modified: 30 Apr 2024 02:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item