TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

Rena, Anggara and MARSIS, MARSIS and Syofiani, Syofiani (2016) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI RENA ANGGARA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tindak tutur langsung (2) bentuk tindak tutur direktif, dan (3) konteks situasi tutur guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kerinci, Jambi. Teori yang digunakan adalah pendapat yang dikemukakan oleh R, Syahrul (2008) mengutip pendapat Leech tentang tindak tutur direktif, jenis tindak tutur direktif, serta Wijaya (2009) tentang konteks situasi tutur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan langkah merekam dan mentranskipsikan tuturan guru dalam proses pembelajaran ke dalam sebuah tulisan, menganalisis tuturan guru dalam proses pembelajaran dengan mengelompokkan jenis tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran, kemudian mengklasifikasikan tuturan guru dalam proses pembelajaran ke dalam tabel pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 143 data yang terdiri dari tindak tutur meminta sebanyak 49 tuturan, tindak tutur pertanyaan sebanyak 58 tuturan, tindak tutur persyaratan sebanyak 30 tuturan, tindak tutur larangan sebanyak 2 tuturan, tindak tutur pengizinan 3 tuturan, dan tindak tutur menasihati sebanyak 1 tuturan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindak tutur yang paling dominan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran SMP Negeri 12 Kerinci, Jambi adalah tindak tutur direktif pertanyaan, dan konteks situasi tutur dominan berlatar di dalam kelas pada saat proses pembelajaran mulai dari awal pembelajaran sampai akhir. Kata Kunci: Tindak, Tutur, Direktif, Konteks Situasi, Proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 03 May 2024 07:18
Last Modified: 03 May 2024 07:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20365

Actions (login required)

View Item View Item