NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KARNOE (SEJARAH TAK TERTULIS DI BALIK NAMA BESAR) KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN

Dina, Syahpita Sari and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KARNOE (SEJARAH TAK TERTULIS DI BALIK NAMA BESAR) KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI DINA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Karnoe (Sejarah Tak Tertulis di Balik Nama Besar) karya Jombang Santani Khairen. Teori yang digunakan untuk menganalisis sastra khususnya novel yaitu teori Atmazaki (2007) dan Nurgiyantoro (2010). Sedangkan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter digunakan pendapat yang dikemukakan oleh Kurniawan (2013). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data dilaksanakan sebagai berikut : 1. Mengklasifikasikan data, 2. Menganalisis data yang telah dikelompokkan sesuai dengan aspek yang diteliti, 3. Menginterpretasikan hasil analisis data, dan 4. Merumuskan kesimpulan analisis data. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu : (1) religius berupa tokoh Jahen mengingatkan temannya agar beribadah menjalankan perintah Allah, (2) toleransi berupa saling menghargai perbedaan agama dan sikap terhadap sesama manusia, (3) disiplin berupa sikap menghargai setiap waktu yang ada, (4) kerja keras berupa sikap dan perbuatan yang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu seperti tugas dalam berorganisasi, (5) rasa ingin tahu berupa keingintahuan tokoh Yusuf mengenai apa yang tidak ia ketahui dengan cara bertanya, (6) cinta tanah air berupa sikap tokoh yang selalu bangga menggunakan produk asli Indonesia dari pada produk impor, (7) cinta damai berupa tidak pernah memihak siapapun dan tidak suka terjadinya keributan, (8) gemar membaca berupa sikap tokoh yang digambarkan dengan datang ke perpustakaan untuk membaca dan sikap tokoh yang membaca bacaan berita, (9) peduli lingkungan berupa tokoh Mas Karnoe yang membersihkan sampah-sampah yang ada diselokan rumahnya agar tidak terjadi banjir, (10) peduli sosial yaitu berupa semua sikap tokoh yang selalu memberi nasihat hingga mengingatkan sesamanya agar selalu peduli terhadap (11) tanggung jawab yaitu berupa tokoh Mas Karnoe yang bertanggung jawab atas perbuatannya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang paling dominan digunakan adalah peduli sosial yang dapat dilihat pada tokoh adalah orang yang peduli terhadap orang lain. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Novel Karnoe (Sejarah Tak tertulis di Balik Nama Besar)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 03 May 2024 08:58
Last Modified: 03 May 2024 08:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item View Item