PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PADANG

Mutia, Afriyanti and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar menulis puisi siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh: (1) Dalman (2014), Semi (2009), dan Tarigan (2005) tentang keterampilan menulis, (2) Waluyo (2005), Gani (2014), dan Pradopo (2007) tentang puisi, (3) Wena (2009) tentang teori model pembelajaran project based learning,dan (4) Sukardi (2003) tentang penelitian eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 11 Padang dengan jumlah 212 siswa yang terbagi pada 7 kelas. Sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X/4 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional dan kelas X/7 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning. Data hasil belajar diperoleh melalui tes menulis puisi. Kemudian data dianalisis dengan uji–t yang sebelumnya diuji normalitas sampel menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas. Pada pengujian perbedaan pretest dan postest kelompok eksperimen menghasilkan nilai t-hitung yang lebih besar dari nilai t-tabel (t-hitung 12,006 > t-tabel 2,002) sehingga hipotesis H1 diterima H0 ditolak. Pengujian perbedaan hasil postest kelompok eksperimen dan postets kelompok kontrol menghasilkan nilai t-hitung yang lebih besar dari nilai t-tabel (thitung 7,505 > t-tabel 2,002) sehingga hipotesis H1 diterima H0 ditolak. Dengan kata lain, model pembelajaran project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menulis puisi siswa di SMA Negeri 11 Padang. Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, Menulis Puisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 May 2024 07:25
Last Modified: 06 May 2024 07:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item View Item