EVALUASI EKONOMIS PENGGUNAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN LISTRIK PLN PADA GEDUNG UNIVERSITAS BUNG HATTA KAMPUS II MENGGUNAKAN MATLAB

ILHAMDI, ILHAMDI and Hidayat, Dayat and arzul, arzul (2015) EVALUASI EKONOMIS PENGGUNAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN LISTRIK PLN PADA GEDUNG UNIVERSITAS BUNG HATTA KAMPUS II MENGGUNAKAN MATLAB. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
FULL TEKS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) saat ini lebih diminati karena dapat digunakan untuk keperluan apa saja seperti di gedung, penerangan jalan dan untuk rumah tangga. PLTS merupakan sebuah sistem yang menghasilkan energi listrik dengan menggunakan matahari sebagai sumber energinya, dengan menggunakan teknologi cell photovoltaic dimana energi surya tersebut di tangkap atau diubah menjadi listrik yang dapat disimpan dan dapat digunakan. Saat ini penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bisa di bilang sedikit pada gedung, karena tingginya biaya investasi awal dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sumber energi yang terpasang di Universitas Bung Hatta kampus II saat ini dengan listrik PLN. Untuk itu perlu penambahan energi lain yaitu dengan menggunakan PLTS di Universitas Bung Hatta kampus II. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan PLTS di Universitas Bung Hatta kampus II cukup tinggi dengan investasi awal pada PLTS, setelah dilakukan analisa perhitungan beban penerangan dan stop kontak yang terpasang di blok gedung A dan blok gedung B Universitas Bung Hatta kampus II dengan listrik PLN sebesar 131.737,2 Watt dengan beban yang sama blok gedung A dan blok gedung B, didapatkan kapasitas total energi PLTS 210.779,52 Wp maka dengan investasi awal pada PLTS sebesar Rp.23.229.400.000,- untuk biaya dalam 1 tahun sebesar Rp. 1.417.764.800,- sedangkan dengan menggunakan listrik PLN dalam 1 tahun sebesar Rp. 449.160.000,- untuk total biaya listrik PLN selama 20 tahun sebesar Rp. 8.983.200.000,- . Kata kunci ; PLTS; Photovoltaic; Suplai PLN, Ekonomis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 20 May 2024 08:03
Last Modified: 20 May 2024 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item