PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN PADA PLTMH (PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO) BERBASIS SCADA (SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION)

MHD., QHOSSIM and Arnita, Arnita and Hidayat, Dayat (2015) PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN PADA PLTMH (PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO) BERBASIS SCADA (SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
FULL TEKS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro-Hydro (PLTMH) adalah pembangkit yang memanfaatkan aliran air untuk menghasilkan tenaga listrik, umumnya pemantauan besaran listrik dan pengendalian sudu turbin di PLTMH masih dilakukan secara manual, untuk melakukan hal tersebut membutuhkan energi, waktu dan tidak bisa secara langsung memantau seluruh sistem pada PLTMH setiap waktu, maka perlu adanya sistem kendali dan monitoring, yang mana pengontrolan dan monitoring akan dapat dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan sistem SCADA, SCADA adalah sistem pemantauan dan pengontrolan pada suatu sistem yang dapat dilakukan dari jarak jauh. Bagian utama dari SCADA adalah Master Station (MS), Remote Terminal Unit (RTU) & Sistem Komunikasi. Sistem Komunikasi dalam SCADA dapat dibangun dalam beberapa pilihan baik wired maupun wireless. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka penulis membuat alat yang digunakan untuk memonitoring besaran listrik dan pengendalian sudu turbin pada PLTMH melalui layanan internet. Monitoring dan sistem pengontrolan menggunakan Arduino sebagai pengolahan data, untuk komunikasi data digunakan Arduino Ethernet Shield dalam bentuk komunikasi internet. Penggunaan sistem kendali ini memberikan kemudahan untuk pengguna saat ingin melakukan pemantauan dan pengendalian. Sistem kendali ini dapat melakukan pemantauan dan pengendalian pada PLTMH menggunakan layanan internet. Kata Kunci : Mikrohidro, Scada, Arduino, Ethernet Shield, Internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 May 2024 04:06
Last Modified: 21 May 2024 04:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item