PERBEDAAN DIALEK DESA BUNGA TANJUNG DENGAN DIALEK DESA PASAR BANTAL KECAMATAN TERAMANG JAYA KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU

Gaga, Ruki and Hasnul, Fikri and Romi, Isnanda (2015) PERBEDAAN DIALEK DESA BUNGA TANJUNG DENGAN DIALEK DESA PASAR BANTAL KECAMATAN TERAMANG JAYA KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai macam variasai bahasa yang digunakan di Kecamatan Teramang Jaya, Khususnya perbedaan Dialek Desa Bunga Tanjung dengan Dialek Desa Pasar Bantal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendapat (1) Abdul Chaer (2003) tentang bahasa, dan variasi bahasa Indonesia, (2) Rohman (2013) tentang ragam bahasa, (3) Abdul Chaer. dkk (2009) tentang dialek, perubahan bunyi, perbedaan kata, perbedaan makna kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah bahasa Desa Bunga Tanjung dan bahasa Desa Pasar Bantal. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dianalisis berdasarkan perubahan bunyi, perbedaan kata, perbedaan makna kata, dan persamaan kata. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terdapat: (1) perubahan bunyi, penambahan bunyi, dan perubahan dan penambahan bunyi dari kata yang sama yaitu, perubahan bunyi di akhir kata berupa bunyi vokal, bunyi diftong dan perubahan bunyi akibat perubahan dan penambahan fonem di awal, di tengah, dan diakhir kata, (2) perbedaan Kata dari kata yang sama, tetapi tidak mengubah dari makna kata tersebut, (3) perbedaan makna kata dari kata yang sama. Walaupun memiliki perbedaan dialek, namun antara penutur Dialek Desa Bunga Tanjung dengan penutur Dialek Desa Pasar Bantal masihh dapat berkomunikasi dengan baik. Kata Kunci: Perbedaan, Dialek, Desa Bunga Tanjung dengan Dialek Desa Pasar Bantal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 27 May 2024 06:20
Last Modified: 27 May 2024 06:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item View Item