KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI METODE INKUIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PADANG

Niki, Winda Rukmini and MARSIS, MARSIS and Dainur, Putri (2015) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI METODE INKUIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
ALL IN SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui metode inkuiri siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Teori yang digunakan adalah pendapat Agustina (2008) tentang membaca pemahaman, Priyatni (2012) tentag teks cerita pendek, Sani (2014) tentang pendekatan saintifik dan metode inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tingkatan kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui metode inkuiri pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 adalah sebagai berikut: (1) siswa mampu menentukan ketepatan isi cerita tapi tidak mampu menentukan kelengkapannya; (2) siswa mampu menggunakan kalimat yang efektif dan sistematis; (3) siswa mampu menentukan ketepatan tokoh tapi tidak mampu menentukan kelengkapannya; (4) siswa mampu menentukan ketepatan watak tapi tidak mampu menentukan kelengkapannya; (4) siswa mampu menentukan ketepatan latar tapi tidak mampu menentukan kelengkapannya; dan (5) siswa tidak mampu menentukan ketepatan tema maupun kelengkpannya. Nilai rata-rata kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks cerita pendek tersebut yaitu 75, nilai median yaitu 78, nilai modus yaitu 81 dan nilai standar deviasi yaitu 7,07. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui metode inkuiri siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang adalah tergolong baik. Kata Kunci : membaca pemahaman, teks cerita pendek, pendekatan saintifik, metode inkuri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 27 May 2024 07:01
Last Modified: 27 May 2024 07:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20481

Actions (login required)

View Item View Item