PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN RADIO ARBES FM PADANG PERIODE MEI SAMPAI DESEMBER 2014

Rozana, Rozana and Yetty, Morelent and Gusnetti, Gusnetti (2015) PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN RADIO ARBES FM PADANG PERIODE MEI SAMPAI DESEMBER 2014. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa, gaya bahasa yang paling dominan, fungsi gaya bahasa yang terdapat dalam iklan di Radio ARBES FM Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Bungin (2008) tentang iklan, dan teori Keraf (2009), Tarigan (2009), Pradopo (1990) tentang gaya bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang terdapat dalam iklan Radio ARBES FM Padang yaitu : (1) gaya bahasa personifikasi (2) gaya bahasa ironi (3) gaya bahasa metonimia (4) gaya bahasa enumerasi (5) hiperbola (6) tautologi atau pleonasme. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang paling dominan digunakan dalam iklan Radio ARBES FM Padang adalah gaya bahasa hiperbola, karena gaya bahasa hiperbola ini menyatakan sesuatu yang berlebih-lebihan, menarik, memperkuat kesan dan citra diri dari pendengar. Apabila iklan itu tidak menggunakan gaya bahasa hiperbola, maka untuk mempengaruhi pendengar sangatlah sulit. Kata Kunci :gaya bahasa, iklan, radio ARBES FM Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 27 May 2024 06:53
Last Modified: 27 May 2024 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item