NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PHABICHARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Retna, Rahmadani and Hasnul, Fikri and Dainur, Putri (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PHABICHARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel “Sepatu Dahlan “ karya Khrisna Phabichara. Teori yang digunakan pada penelitian ini teori tentang nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Hasan, dkk meliputi 18 aspek nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik yang dilakukan pada mengumpulkan data (1) membaca dan memahami novelSepatu Dahlan karya Khrisna Phabichara secara keseluruhan (2) mencatat data-data yang berhubungan dengan objek penelitian, dan mengklarifikasi data berdasarkan permasalahan penelitian, sedangkan teknik yang dilakukan dalam proses analisis data (1) menganalisis data yang telah dikelompokkan sesuai dengan aspek yang telah diteliti, (2) menginterpretasikan hasil analisis data, mengklasifikasikan (3) merumuskan kesimpulan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Phabichara terdapat 15 aspek nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, sedangkan 3 aspek nilai pendidikan yang lainnya yaitu nilai pendidikan gemar membaca, cinta tanah air dan semangat kebangsaan tidak ditemukan. Nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Phabichara dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia bisa aplikasikan pada kurikulum 2013 di SMA kelas XII semester 1 pada KI (3) dan KD (3.3). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Phabichara banyakmemuat nilai pendidikan karakter serta bisa diaplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci :Nilai Pendidikan Karakter, Novel Sepatu Dahlan, Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:15
Last Modified: 04 Jun 2024 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item