KESANTUNAN BAHASA SMS (SHORT MASSAGE SERVICE) MAHASISWA TERHADAP DOSEN (STUDI KASUS: MIKE AMELIA DOSEN PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN SOLOK)

Hamdani, Rijal and MARSIS, MARSIS and Syofiani, Syofiani (2015) KESANTUNAN BAHASA SMS (SHORT MASSAGE SERVICE) MAHASISWA TERHADAP DOSEN (STUDI KASUS: MIKE AMELIA DOSEN PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN SOLOK). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Penelitian terhadap kesantunan bahasa SMS (Short Massage Service) mahasiswa terhadap dosen di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok dirasa penting karena merupakan suatu usaha untuk menggali dan memahami budi bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantuan bahasa SMS (Short Massage Service) mahasiswa terhadap dosen di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dikemukakan oleh Moleong. Dari 26 data SMS yang diamati, alasan mahasiswa mengirim SMS kepada dosen dapat dikelompokkan menjadi lima bentuk yaitu permintaan izin kuliah, konfirmasi permintaan berkonsultasi, pengecekan kehadiran/kesiapan dosen, konfirmasi tugas, dan memberikan informasi. Dalam mengirim teks SMS tersebut terdapat 4 teks SMS yang memenuhi kesantunan, 7 teks SMS yang cukup santun, 9 teks SMS kurang santun, dan 6 teks SMS yang melanggar kesantunan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa masih banyak mahasiswa Bahasa Inggris semester ganjil 2014/2015 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok yang bermasalah dalam hal kesantunan saat mengirim SMS (Short Massage Service) terhadap dosen. Kata Kunci : Kesantunan, Isi SMS, Kualitas Kesantunan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:13
Last Modified: 04 Jun 2024 04:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20561

Actions (login required)

View Item View Item