PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DI MTsN SUNGAI JAMBU BATUSANGKAR

Valderit, Disomy Chantri and Yusrizal, Yusrizal and MUSLIM, TAWAKAL (2016) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DI MTsN SUNGAI JAMBU BATUSANGKAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil ulangan harian semester I siswa masih banyak yang belum tuntas, Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah kognitif tingkat pemahaman siswa kelas VII A. pada pembelajaran PKn di MTsN Sungai Jambu Batusangkar melalui model STAD . 2) Mendeskripsikan peningakatan hasil belajar ranah kognitif tingkat pemahaman siswa kelas VII A pada pembelajaran PKn di MTsN Sungai Jambu Batusangkar melalui model STAD . 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah afektif kerja sama kelas VII A di MTsN Sungai Jambu Batusangkar melalui model STAD 4) Mendeskripsikan peningakatan hasil belajar ranah afektif tanggung jawab kelas VII A Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi hasil belajar afektif siswa, lembar tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1) model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas 9 orang 52,94 sedangkan siklus II yang tuntas 14 orang dengan nilai 82. 2) Model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar afektif tanggung jawab siswa meningkat pada siklus I 15,5%, sedangkan silkus II memperoleh 17%) Model pembelajaran siswa dapat meningkatkan hasil belajar afektif kerja sama siswa meningkat dengan rata-rata pada siklus I 5,5%, sedangkan siklus II memperoleh 16,25. Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Hasil belajar Siswa, Pembelajaran PKn, Model STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:52
Last Modified: 07 Jun 2024 06:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item