PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII1 PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP BUNDA PADANG

Dina Putri, Dina Putri and Yusrizal, Yusrizal and MUSLIM, TAWAKAL (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII1 PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP BUNDA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa kelas VIII1 dalam berdiskusi, membuat ringkasan dan menarik kesimpulan. Upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan aktivitas siswa melalui model Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam berdiskusi, membuat ringkasan dan menarik kesimpulan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMP Bunda Padang, yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan rata-rata aktivitas siswa, nilai aktivitas siswa dalam berdiskusi 60% siklus I meningkat menjadi 86,67% pada siklus II dengan demikian terjadi peningkatan 23,33%, nilai aktivtas siswa membuat ringkasan 33,33% siklus I meningkat menjadi 83,35% pada siklus II dengan demikan terjadi peningkatan 50,02% dan nilai aktvitas siswa membuat kesimpulan 51,66% siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan demikian terjadi peningkatan 33,34%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model Group Investigation, metode ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII1 SMP Bunda Padang. Kata Kunci : Aktivitas, Group Investigation, PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:30
Last Modified: 07 Jun 2024 07:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20610

Actions (login required)

View Item View Item