PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP PERTIWI 1 PADANG

Ria Afnida, Ria Afnida and Yusrizal, Yusrizal and Pebriyenni, Pebriyenni (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP PERTIWI 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
6. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penellitian ini dilatarbelakangi karna masih banyak Siswa yang kurang mendengarkan saat guru menjelaskan materi yang di sampaikan. Siswa juga sangat jarang untuk mengeluarkan pendapat, mereka hanya bisa menerima apa yang di sampaikan guru tersebut, dan Siswa juga kurang mampu untuk menyimpulkan materi, karena Siswa tersebut hanya mendengarkan, tidak memperhatikan, dan tidak menyimpan materi yang diberikan maka pembelajaran yang disampaikan guru tidak bisa diulangi lagi.Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran contextual teaching learning terhadap minat dalam bertanya, 2) untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran contextual teaching learning terhadap minat dalam berdiskusi, 3) untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran contextual teaching learning terhadap minat dalam mengerjakan latihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Instrument yang di pakai adalah lembaran observasi, Tes, RPP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran contextual teaching learning dapat mempengaruhi minat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran problem basic learning. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase untuk masing-masing indikator keberhasilan siswa yang ditetapkan. Kata Kunci: Model CTL, Minat Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:26
Last Modified: 13 Jun 2024 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20630

Actions (login required)

View Item View Item