PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII.3 PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 29 PADANG

Illa Putra, Illa Putra and Pebriyenni, Pebriyenni and NURHARMI, NURHARMI (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII.3 PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas bertanya siswa kelas VII.3 pada pembelajaran PKn kelas dengan metode pemecahan masalah, (2) peningkatan aktivitas siswa kelas VII.3 menjawab soal pada pembelajaran PKn dengan metode pemecahan masalah. , (3) peningkatan aktivitas berdiskusi siswa kelas VII.3 pada pembelajaran PKn di kelas dengan metode pemecahan masalah, (4) peningkatan aktivitas pokok bahasan siswa kelas VII.3 dalam pembelajaran PKn dengan metode pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, catan lapangan dan dokumentasi. Penerapan metode pemecahan masalah pada pembelajaran di kelas Pendidikan Kewarganegaraan di SMP VII.3 Padang 29 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meliputi: Pertama, aktivitas bertanya siswa pada siklus I sebesar 61,11%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Aktivitas kedua siswa menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 61,11%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. Aktivitas ketiga siswa berdiskusi pada siklus I sebesar 62,50, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,66%. Keaktifan siswa terhadap materi pembelajaran yang keempat pada siklus I sebesar 65,28%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,88%. Hasil penelitian ini adalah aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II meningkat. Kata kunci: peningkatan, aktivitas, metode pemecahan masalah pada mata pelajaran kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:34
Last Modified: 13 Jun 2024 04:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20633

Actions (login required)

View Item View Item