PENGARUH SERTIFIKASI PENDIDIK TERHADAP KINERJA GURU PPKn SMA NEGERI KABUPATEN DHARMASRYA

Romizen, Romizen and Yusrizal, Yusrizal and Sismai, Herni (2015) PENGARUH SERTIFIKASI PENDIDIK TERHADAP KINERJA GURU PPKn SMA NEGERI KABUPATEN DHARMASRYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Profesionalisme guru PPKn yang telah lulus sertifikasi dalam menguasai materi pembelajaran, serta pemahaman guru terhadap kompetensi Pedagogik, Sosial, Kepribadian, dan Profesional. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk melihat profesionalisme kinerja guru PPKn yang lulus sertifikasi pendidik SMA Negeri di Kabupaten Dharmasraya. (2) Untuk melihat efektifitas sertifikasi dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru PPKn SMA Negri di Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menguasai kompetensi Pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial sebagaimana mestinya, yang meliputi penguasaan guru terhadap materi pembelajaran, mengembangkan materi pembelajaran, memahami materi pembelajaran yang ada dalam kurikulum sekolah, bertindak objektif terhadap peserta didik, mengembangkan konsep ke dalam kehidupan sehari-hari peserta didik sesuai dengan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) yang akan dibahas pada materi pembelajaran. Melalui program sertifikasi guru diharapkan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perkembangan dunia pendidikan di indonesia, agar pendidikan di Indonesia tidak jauh tertinggal dari Negara-negara lainnya. Kata Kunci: Sertifikasi Pendidik, Kompetensi, Guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:02
Last Modified: 13 Jun 2024 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20642

Actions (login required)

View Item View Item