HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PKn DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

Elsa, Batu Bara and NURHARMI, NURHARMI and MUSLIM, TAWAKAL (2015) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PKn DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada SMP Negeri di Kecamatan Gunung Tuleh yaitu adanya siswa yang menyatakan bahwa kurang meminati pembelajaran PKn dikarenakan proses belajar yang mudah membosankan, hal tersebut ditandai dengan kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PKn dan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran PKn pada SMP Negeri di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat, 2) Untuk mengetahui pencapaian KKM yang sudah ditetapkan di sekolah pada SMP Negeri di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat, 3) Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap pembelajaran PKn dengan hasil belajar siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, untuk persepsi siswa terhadap pembelajaran PKn pada SMP Negeri 1, 2 di Kecamatan Gunung Tuleh siswa meminati pembelajaran PKn sedangkan SMP Negeri 3 di Kecamatan Gunung Tuleh siswa kurang meminati pembelajaran PKn karena hampir 60% responden menyatakan kurang meminati, untuk hasil belajar siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Gunung Tuleh masih adanya siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah, untuk hasil belajar siswa tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki siswa pada saat PBM dan persepsi siswa mengenai pembelajaran PKn. Kata Kunci: Persepsi, PKn, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:15
Last Modified: 13 Jun 2024 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20646

Actions (login required)

View Item View Item