Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Parak Laweh Padang

Seri Mahyuni, Seri Mahyuni and Erman, Har and Gusmaweti, Gusmaweti (2015) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Parak Laweh Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara penerapan model pembelajaran aktif tipe team quiz dengan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Parak Laweh Padang sebanyak 5 kelas pada tahun ajaran 2014/2015. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan cara random maka didapat kelas eksperimen adalah kelas VIII₂ dan kelas kontrol adalah kelas VIII₃. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,37 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 69,12. Didapatkan thitung > ttabel (3,32>1,67) maka terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara eksperimen dan control. pembelajaran Team Quiz lebih baik dari metode pembelajaran konvensional. Penilaian hasil belajar aspek afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi(82,61) dari pada kelas kontrol (82,12), sedangkan nilai rata-rata aspek psikomotor kelas eksperimen 80,68 lebih baik dari pada kelas kontrol 65,47. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Team Quiz. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis menyarankan pada guru MTsN Parak Laweh Padang khususnya bidang studi biologi dapat menggunakan alternative metode dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Quiz, kognitif, afektif dan psikomotor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:07
Last Modified: 25 Jun 2024 07:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20668

Actions (login required)

View Item View Item