Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Kegiatan Praktikum dan Pembelajaran Aktif Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 10 Sarolangun

Mutia Hafizah, Mutia Hafizah and Erman, Har and Lisa, Deswati (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Kegiatan Praktikum dan Pembelajaran Aktif Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 10 Sarolangun. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara penerapan praktikum dengan pembelajaran aktif model picture and picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi semua siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 10 Sarolangun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, hasil dari pengundian tersebut didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran aktif model picture and picture. Instrumennya adalah tes hasil belajar pada ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik dengan menggunakan lembaran observasi.Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan variasi homogen. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata setelah diberi tes akhir pada kelas eksperimen 1 adalah 72,75 dan kelas eksperimen 2 adalah 67,62.(α = 0,05) diperoleh thitung = 1,73 dan ttabel = 1,69 berarti thitung>ttabel maka hipotesis diterima.Penilaian afektif dan Psikomotorik kelas eksperimen 1 ( Afektif : 80% dan Psikomotorik :74,25 % ) lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2( Afektif : 65,63 % dan Psikomotorik :72,49 %). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan praktikum dalam pembelajaran biologi lebih baik digunakan dari pada pembelajaran aktif model picture and picture. Dan dapat disarankan bahwa metode praktikum dapat diterapkan pada materi yang lainnya. Kata Kunci : Strategi pembelajaran, metode praktikum,picture and picture,hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:17
Last Modified: 25 Jun 2024 07:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20669

Actions (login required)

View Item View Item