Beki, Rahman and Wince, Hendri and Azrita, Azrita (2016) PERBEDAAN PENERAPAN METODE INQUIRI DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
18. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa pada aspek kognitif yang menggunakan metode inquiri dengan metode problem solving pada kelas VII SMPN 1 Ampek Nagari, mengetahui aspek afektif dan psikomotor siswa pada kelas VII SMPN 1 Ampek Nagari. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Ampek Nagari yang berjumlah 85 orang pada Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran inquiri lebih baik dari pada metode pembelajaran problem solving, dari hasil analisis data menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan metode inquri dengan metode problem solving pada siswa pada kelas VII SMPN 1 Ampek Nagari. Hasil belajar IPA pada siswa kelas eksperimen I sebesar 79,76 sedangkan hasil belajar IPA pada siswa kelas eksperimen II sebesar 70,71.Penilaian afektif kelas eksperimen I sebesar 88,06% dan kelas eksperimen II sebesar 85,28%. Penilaian psikomotor kelas eksperimen I sebesar 85,41% dan kelas eksperimen II sebesar 85,01%. Katakunci : Pembelajaran, inquiri, problem solving, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:15 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:15 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20690 |
Actions (login required)
View Item |