Syofeni, Syofeni and Erman, Har and Lisa, Deswati (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWAMENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTRUKTIVISME DI KELAS VII MTsN SUNGAI GERINGGING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
4. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa Menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan kontruktivisme di kelas VII MTsN Sungai Geringging tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Sungai Geringging Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 107 orang. Pengambilan sampel dilakukan denganteknik purposive sampling kemudian penetapan kelas eksperimen I dan eksperimen II dilakukan secara Random sampling dan terpilihkelas VII.1 sebagai kelas eksperimen I dan VII.3sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukan aspek kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen I adalah 78,05 dan72,08 pada kelas eksperimen II. Hasil uji statistik(α= 0,05) menunjukkan perbedaan hasil belajar signifikan dengan di dapatkan 0,037< 0,05. Demikian juga pada penilain afektif kelas eksperimen I 82,43% dan 80,2% kelas eksperimen II dan penilaian psikomotor kelas eksperimen I 83,82% dan 82 % pada kelas eksperimen II. Dapat di simpulkan, bahwa metode pembeelajaran discovery learning lebih tinggi dari pada menggunakan metode pembelajaran kontruktivisme. Kata Kunci : Pembelajaran Discovery learning,Kontruktivisme,Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 02:04 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20701 |
Actions (login required)
View Item |