Syofeni, Syofeni and Erman, Har and Lisa, Deswati (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWAMENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTRUKTIVISME DI KELAS VII MTsN SUNGAI GERINGGING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
4. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa Menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan kontruktivisme di kelas VII MTsN Sungai Geringging tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Sungai Geringging Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 107 orang. Pengambilan sampel dilakukan denganteknik purposive sampling kemudian penetapan kelas eksperimen I dan eksperimen II dilakukan secara Random sampling dan terpilihkelas VII.1 sebagai kelas eksperimen I dan VII.3sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukan aspek kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen I adalah 78,05 dan72,08 pada kelas eksperimen II. Hasil uji statistik(α= 0,05) menunjukkan perbedaan hasil belajar signifikan dengan di dapatkan 0,037< 0,05. Demikian juga pada penilain afektif kelas eksperimen I 82,43% dan 80,2% kelas eksperimen II dan penilaian psikomotor kelas eksperimen I 83,82% dan 82 % pada kelas eksperimen II. Dapat di simpulkan, bahwa metode pembeelajaran discovery learning lebih tinggi dari pada menggunakan metode pembelajaran kontruktivisme. Kata Kunci : Pembelajaran Discovery learning,Kontruktivisme,Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 02:04 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |