Yulfitra, Febriani M. and Erman, Har and Gusmaweti, Gusmaweti (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERNUANSA DIALOG BERGAMBAR DENGAN TAMPILAN POWER POINT PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN PADA KELAS VII SMPN 1 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
17. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi bernuansa dialog bergambar dengan tampilan power point pada materi pengelolaan lingkungan pada siswa kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D Model, yaitu tahap define (pendefinisian), desain (perancangan), dan develop (pengembangan). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang validator dan untuk praktikalitas dilakukan dua orang guru mata pelajaran biologi dan 36 orang siswa kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung. Data primer diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan modul dengan uji validitas dari empat orang validator sebesar 91,40% dengan kriteria sangat valid dan uji praktikalitas modul dari guru sebesar 90,97% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan praktikalitas modul dari siswa sebesar 89,50% dengan kriteria praktis. Kriteria modul pembelajaran biologi bernuansa dialog dengan tampilan power point pada materi pengelolaan lingkungan pada siswa kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung adalah sangat valid dan praktis. Guru dan siswa dapat menggunakan modul dalam proses pembelajaran biologi pada materi pengelolaan lingkungan. Kata Kunci: Modul, dialog bergambar, pengelolaan lingkungan, valid dan prakti
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:03 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:03 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20718 |
Actions (login required)
View Item |