RESTI ANDAYANI, RESTI ANDAYANI and Erman, Har and Azrita, Azrita (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SINGGALANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
16. SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa pada aspek kognitif antara metode pembelajaran Inquiri dan Problem Based Learning di kelas VII SMP N 3 Singgalang Tahun Pelajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa pada aspek afektif dan psikomotor. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control- Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Singgalang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan pencabutan lot dan terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen 1 dan VII.5 sebagai kelas eksperimen II. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 80,4 dan 78,4 pada kelas eksperimen II, data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil tes akhir selanjutnya diolah dengan t-test. Dari hasil analisis data diporoleh taraf yang tidak signifikan yaitu sebesar 0.321 > 0,05 dengan kata lain H0 diterima dan H1 ditolak. Demikian juga pada penilaian afektif kelas eksperimen 1 83,32 dan 80,66 pada kelas eksperimen II serta penilaian psikomotor kelas eksperimen 1 83,50 dan 82,33 pada kelas ekaperimen II. Dapat disimpulkan, bahwa metode pembelajaran Inquiri dan metode pembelajaran Problem Based Learning sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.. Kata kunci : Metode, pembelajaran, Inquiri, Problem Based Learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:00 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20719 |
Actions (login required)
View Item |