PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SINGGALANG

RESTI ANDAYANI, RESTI ANDAYANI and Erman, Har and Azrita, Azrita (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SINGGALANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16. SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa pada aspek kognitif antara metode pembelajaran Inquiri dan Problem Based Learning di kelas VII SMP N 3 Singgalang Tahun Pelajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa pada aspek afektif dan psikomotor. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control- Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Singgalang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan pencabutan lot dan terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen 1 dan VII.5 sebagai kelas eksperimen II. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 80,4 dan 78,4 pada kelas eksperimen II, data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil tes akhir selanjutnya diolah dengan t-test. Dari hasil analisis data diporoleh taraf yang tidak signifikan yaitu sebesar 0.321 > 0,05 dengan kata lain H0 diterima dan H1 ditolak. Demikian juga pada penilaian afektif kelas eksperimen 1 83,32 dan 80,66 pada kelas eksperimen II serta penilaian psikomotor kelas eksperimen 1 83,50 dan 82,33 pada kelas ekaperimen II. Dapat disimpulkan, bahwa metode pembelajaran Inquiri dan metode pembelajaran Problem Based Learning sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.. Kata kunci : Metode, pembelajaran, Inquiri, Problem Based Learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:00
Last Modified: 02 Jul 2024 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20719

Actions (login required)

View Item View Item